Selasa, 20 Januari 2009

Singapura bisa merdeka karena Indonesia (arti bendera singapura)


Membaca sejarah yg tersisa ini, bukan berarti kita harus terlena melihat kembali kebelakang..tetapi jadikanlah ini sebagai pembuka informasi yg selama ini sering sekali ditutup2i dan tidak kita ketahui sejak kecil...sejarah juga membuat kita terpacu untuk mengejar ketinggalan kita..sebab mungkin dari sejarah inilah kita bisa sadar, bahwa kini betapa tertinggalnya kita dari bangsa lain yg dulunya lebih tertinggal daripada bangsa kita.
Tugas gue disini sebagai share info saja, semua sumber beritanya murni dari liputan Metro TV dalam tayangan ini.
Bangga boleh dengan masa lalu tetapi jangan lupakan masa kini agar kita dapat bersatu rasa nasionalismenya lagi seperti dulu. Ingat indonesia dulu bisa,..masa skrg gak bisa ?


2 hari yg lalu gue nonton sebuah dokumentry di Metro Tv berjudul SECRET OPERATION (OPERASI A : SANDI GANYANG MALAYSIA) 2009-01-16 23:05:13 di produseri oleh Bung Andy. F Noya (yg mau nonton videonya lengkap ada dibagian bawah)

Film dokumenter itu bercerita tentang perjuangan Marinir KKO Indonesia ketika masa konfrontasi dgn negara2 bekas jajahan inggris dulu seperti Malaysia dan Singapura.
semuanya dipaparkan oleh seorang saksi sejarah yg dulu memimpin pasukan Marinir KKO Kol. Marinir (purn) W. Siswanto yg sempat dikabarkan gugur.
gara2 dikabarkan gugur, 2 orang Intelijen Marinir sempat melancarkan aksi balas dendamnya ke Singapura dan sukses meledakkan Gedung The Mac Donald House yg menggemparkan warga Singapura.
waktu itu Presiden Soekarno mengatur siasat perang melawan mereka (yg disebut dg politik konfrontasi) krn dianggap menyudutkan Indonesia 
masalahnya, Inggris berencana mendirikan negara Federasi Malaysia yg terdiri dari Malaya, Serawak, Sabah, Kalimantan Utara, Singapura dan Brunai. hal ini dianggap Bung Karno sangat mengancam Indonesia krn Bung Karno curiga langkah ini adalah sebuah Neo Kolonialisme baru yg bertujuan untuk mengepung Indonesia.
Singapura kala itu masih dijajah oleh inggris karena itu masih digabung satu grup ama Malaysia.

Presiden Soekarno saat itu dalam pidatonya di atas podium rakyat mengatakan :
"Saya saat ini mempunyai 21 juta sukarelawan yg siap menyerbu wilayah Kalimantan Utara (Malaysia)
ada 10 serdadu malaysia masuk wilayah RI, maka 100 sukarelawan akan masuk Kalimantan Utara
ada 1000 serdadu Malaysia masuk wilayah RI, maka 10.000 sukarelawan akan masuk Kalimantan Utara"

(kalo mau lihat cuplikan pidatonya ada dalam dokumenter itu chapter ke 2, cukup membakar semangat kita krn dilakukan langsung dihadapan ribuan rakyat Indonesia)

Operasi operasi Intelijen dari Marinir serta penetrasi pasukan Angkatan Darat Indonesia yg terdiri dari para sukarelawan (non militer) hampir saja melumpuhkan Singapura waktu itu.
baru sukarelawan saja sudah sebanyak itu jumlahnya, belum lagi tentaranya.
diluar dugaan, rencana penyerangan Indonesia ke Singapura itu mendapat dukungan oleh gerakan bawah tanah para aktifis kemerdekaan Singapura sendiri yg menginginkan negerinya merdeka, salah satunya adalah Lee Kuan Yeuw.
mereka lalu mengatur kesepakatan dgn Indonesia dan mendukung Operasi intelijen Marinir serta rencana penyerangan besar2an oleh pasukan Indonesia, tujuannya agar inggris cepat2 angkat kaki dari negara mereka.
(tentunya jangan disamakan dgn kasus Amerika mengalahkan Jepang sehingga indonesia bisa merdeka, sebab dalam kasus ini Singapura justru meminta bantuan kepada negara kita...kalo dulu kan Indonesia gk pernah minta bantuan Amerika menyerang Jepang. Lagipula Jepang dikalahin dinegaranya kog bukan di Indonesia)

dan ketika Indonesia menutup ekspor ke Singapura serta merencanakan perang, prajurit Inggris yg ternyata sudah jenuh atau mungkin trauma dengan perang dunia ke-2 memilih untuk pulang ke negaranya daripada harus berperang lagi dengan Indonesia.

singkat cerita, Inggris pun memilih meninggalkan Singapura dan memberikan kemerdekaannya pada mereka. dan Indonesia pun tidak jadi menyerang.

dalam Film dokumenter itu, Pitut Suharto seorang mantan Konsulat Jenderal RI pertama di Singapura yg juga ditugaskan memata-matai Singapura saat itu, menjelaskan arti dari bendera Singapura waktu baru merdeka. (entah skrg mungkin sudah ada arti lainnya lagi, tapi inilah inspirasi pertama mereka dulu waktu baru merdeka)

ARTI BENDERA ITU AWALNYA ADALAH :

1. Merah Putih
karena menghargai Indonesia yg telah berjasa mempercepat kemerdekaan mereka, maka Singapura terinspirasi mengambil dasar warna bendera kita yaitu : merah putih sebagai tanda bahwa mereka berada ditengah2 Indonesia.
Kini warna merah tsb diartikan sbg persaudaraan dan kesamaan segala manusia sementara warna putih nya sbg kesucian dan kebaikan.

2. Bintang 5
ditambahkan bintang 5 biji dipojok atas itu adalah pengadopsian dari Pancasila yg mempunyai 5 Sila, krn waktu itu Singapura belum memiliki dasar atau falsafah negara. 
Kelak setelah mereka kini telah mempunyai falsafah negara, kemudian arti 5 bintang itu adalah : demokrasi, keamanan, kemajuan, keadilan dan kesaksamaan (democracy, peace, progress, equality and justice)

3. Bulan Sabit
lambang bulan sabit itu adalah sebagai tanda bahwa Singapura sangat menghargai bahwa mereka hidup ditengah2 masyarakat yg mayoritas muslim. belakangan kemudian bulan sabit itu juga diartikan sbg sebuah negara muda yang sedang maju

ternyata fakta arti bendera ketika diawal kemerdekaan Singapura ini baru diungkap oleh saksi sejarah kita hanya di video ini saja. sebab jika kita mencari arti bendera Singapura dimana mana saat ini, tentulah tidak akan kita temui lagi fakta2 ini.

Masa2 konfrontasi yg endingnya memerdekakan Singapura ini telah mengorbankan prajurit2 sukarelawan Indonesia yg tertawan sebanyak 520 orang, dan yg gugur 168 orang..dan hingga kini jasad mereka banyak yg belum dipulangkan ke Indonesia.


tercatat pula disejarah bahwa dulu itu Singapura perekonomiannya sangat tergantung pada ekspor indonesia, makanya kalo di tutup ekspor kesana dulu itu mereka sampe kesulitan. sebab singapura itu hanyalah negara ekonomi jasa, mereka tidak punya sumber daya alam.

sungguh sebuah sejarah yg gue sendiri baru tahu saat ini....
mungkin jika ada org2 Singapura yg menjelekkan Indonesia, itu berarti tidak pernah belajar sejarah kali....atau bisa jadi itu hanya provokator yg ngaku2 sebagai orang singapura aja
contohnya spt di blog ini : 
http://dontvisitindon2008.blogspot.com/
kalo mereka tahu bahwa sebenarnya indonesia berperan besar dalam kemerdekaan mereka pastinya mereka akan hormat dgn Indonesia


buat yg blon nonton dokumenter ini, gue tadi ubek2 situs Metro Tv dan nemu file2nya disini LENGKAP KOG SELURUHNYA:
NONTON AJA SENDIRI DI LINK DIBAWAH INI, BIAR LEBIH PUAS DAN PERCAYA
judul acaranya : SECRET OPERATION (OPERASI A SANDI : GANYANG MALAYSIA)
videonya ada di link ini :
http://www.metrotvnews.com/secret_op...d=2307&idp=171

loading videonya cepet banget kog gan, bukan kayak youtube
(bagusnya sih nonton aja dulu semuanya biar komentarnya lebih serius)

videonya ini ada 3 chapter..tentang arti bendera Singapura ada di chapter 3. cara nyepetin chapternya pake lambang skip
Versi Youtubenya sudah ada yg buatin tuh dibagian bawah

Gue terkesan kata2 terakhir di endingnya dokumenter ini oleh Pitut Suharto seorang mantan Konsulat jenderal RI pertama di di sana waktu itu katanya : "Waktu itu kita mengingatkan Singapura bahwa tanpa Indonesia, Singapura gak bakal hidup krn waktu itu Singapura sangat tergantung pada komoditi Indonesia..oleh krn itu hati hatilah jangan sampe suatu ketika You(Singapura) akan di isolir oleh Indonesia"
mantabb Indonesia waktu itu lagi diatas angin, setidak nya kini gue yakin bahwa Indonesia dulu memeng benar2 pernah sebagai Macan Asia, yg betul2 ditakuti dan disegani negara2 di asia tenggara bahkan di asia
setelah menonton ini, gue sempat berandai andai begini :
bagaimana kalo dulu seandainya Inggris meladeni perang dgn Indonesia ?
dan bisa jadi Indonesia menang krn wilayah Singapura kan kecil dan dekat dgn Indonesia sehingga tentunya Indonesia bakal menang personel dibandingkan Inggris. Apalagi waktu itu Bung Karno udah siap tempur
dan akhirnya bisa jadi Singapura jadi bagian dari Indonesia donk
sayang Inggris keburu takut dengan ancaman Soekarno dan memberikan kemerdekaan pada Singapura, kayaknya takut direbut ama Indonesia kali...
kenapa Singapura lebih maju dari Indonesia saat ini ?
( sorry ini mungkin hanya sebagian kecil aja yg gue tahu, faktor lainnya tentu sangat banyak) 
mungkin salah satunya krn negaranya kecil jadi gampang diatur gampang dikontrol hukumnya, ada yg nganggur bisa langsung terdata. APBN nya gak disebar kemana2 lagipula semua RAS dan Budaya berkumpul semua dalam satu pulau.
seperti halnya juga Brunei Darussalam yg makmur dgn negara sekecil itu. 
Tidak spt Indonesia yg sulit dikontrol rakyatnya. mau dikerasi salah mau dimanjain juga salah. setiap daerah punya kultur fanatik kedaerahan yg kental. Tiap daerah punya karakter beda2 sulit sekali disatukan antar daerah lain. didaerah ini hukumnya maunya begini, didaerah lain hukumnya minta lain lagi....
Indonesia terlalu besar..sebab terdiri dari pulau pulau yg berjauh2an sehingga susah dijangkau. blom lagi anggaran2 dari pusat yg habis dimakan oleh tiap kepala daerah masing2.
untuk menyatukan suku2 dari pulau2 itu dalam NKRI aja susahnya minta ampun apalagi buat memakmurkan mereka....pemerintah lebih aman mempertahankan Negara kesatuan kita ketimbang memaksa rakyat untuk disiplin dan taat hukum.
sebab, dikit2 kalo gak sepaham dgn pemerintah yg didaerah minta pisah dari NKRI..serba salah Pemerintah RI mau mikirin ekonomi disatu sisi berusaha manjain daerah2 yg sering ngambek kayak di Aceh dan Papua.

belum lagi susahnya memberikan pendiikan yg merata diseluruh Indonesia krn banyak daerah yg sulit dijangkau dan para guru maupun pegawai enggan tinggal didaerah tsb krn kultur budaya yg berbeda.
mungkin waktunya akan sangat panjang menuju kemakmuran itu. jika pendidikan dan pembangunan sudah benar2 merata diseluruh Indonesia. Yang hebat sih sampai saat ini Indonesia masih tetap satu dari Sabang sampai Merauke itu aja sudah merupakan prestasi.

10 komentar:

  1. Ekonomi singapura sangat maju bahkan mengalahkan tetangga2 di sekitarnya karena pemerintah sana memanfaatkan daerahnya yang teramat sangat strategis. Secara penyambung jalur perdagangan asia timur - eropa gitu.

    Tercatat ada lebih dari 15000 perusahaan multinasional dari seluruh penjuru dunia menanamkan modalnya di Singapura. gila nggak! kita aja cuma 2000an.

    Dengan kesempatan itu, singapura membangun pelabuhan, menyediakan rest area buat kapal2 yang capek dalam perjalanan, membangun bengkel kapal yang rusak dalam perjalanan dari eropa ke asia timur maupun sebaliknya.

    Selain itu, singapura juga memanfaatkan daerahnya yang strategis itu dengan membangun pabrik manufaktur, sehingga barang mentah yang ia impor, diekspor kembali dengan nilai ekonomi yang lebih tinggi.

    Selain manufaktur, sektor pariwisata juga digarap dengan rapih, hampir 25 juta wisatawan asing hilir mudik ke singapura tiap tahunnya (per 2014).

    Tak pelak, ekonominya yang maju sanggup pula membiayai sektor militernya. meskipun kecil, AL AU AD singapura termasuk yang tercanggih alat perangnya. Mereka punya 6 frigat formidable class (la fayette) buatan terbaru, sedangkan Indonesia cuma punya ahmad yani class yang sudah usang. Mereka juga punya 70+ F16 block 52. kita cuma punya 18 sukhoi 27 dan 30Mk bodong.

    Militer yang kuat buat melindungi wilayahnya yang sangat sempit, bahkan lebih kecil dari Jakarta.

    Sungguh! kecil kecil cabe rawit.

    Tapi tenang saja, kita gak perlu berkecil hati, melumpuhkan singapura itu semudah membalikkan telapak tangan. Kita tidak perlu mengimbangi kekuatan militer seperti Singapura. Hanya saja perlu sedikit kerja sama dengan Malaysia. Yap! embargo, stop saja suplai fresh water dari malaysia. kita juga perlu beli 1 tsar bomba buatan soviet, cukup jatuhkan pada malam hari. Boooom! singapura tinggal sejarah. :D





    BalasHapus
  2. Indonesia negara besar suatu saat pasti akan. Berdiri di kakinya sendiri

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. Arti dan makna nkri harga mati apaan gan?

      Hapus
  4. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    BalasHapus

  5. Saya memiliki pendapat yang Lebih baik ada usul penggabungan wilayah antara Indonesia dengan Malaysia namun dengan tambahan Pulau Cocos dan Pulau Natal dari Australia, Singapura, Brunei, Timor Leste dan Sisi Timur Thailand Bagian Selatan yang mayoritas penduduknya adalah orang Melayu, serta dengan tambahan Kepulauan Sulu dari Filipina. Tetapi penggabungan wilayah antara Indonesia dengan Malaysia dapat dilakukan dengan jalan Musyawarah atau Negosiasi tetapi dalam keadaan damai dan mengesampingkan peperangan di antara kedua negara yang akan digabung tetapi melibatkan Perserikatan Bangsa Bangsa, Pihak Belanda yang pernah Menjajah Indonesia dan sempat menjajah Papua bagian Barat atau Nugini Belanda yang merupakan tempat pelarian terakhir penjajah Belanda setelah kalah dari Indonesia, Pihak Inggris Raya yang pernah menjajah Malaysia, Singapura dan Brunei, serta Pihak Portugal yang pernah menjajah Indonesia dan sempat menjajah Timor Leste yang merupakan tempat pelarian terakhir penjajah Portugal setelah terusir oleh penjajah Belanda, Pihak Spanyol yang menjajah Kepulauan Sulu dan berhasil mempersatukan seluruh Filipina, Pihak Australia yang memiliki Kepulauan Cocos atau Keeling dan Pulau Natal, Pihak Thailand yang memiliki sisi timur Thailand Bagian Selatan, Pihak Filipina yang memiliki Kepulauan Sulu. Itu bagian dari Politik Iredentisme Indonesia Raya atau Melayu Raya yang merupakan pengembangan dari isi dari Kitab Negarakertagama dan Kitab Pararaton yang disempurnakan oleh Bung Karno dan Muhammad Yamin. Apakah kita sebagai bangsa yang serumpun antara Indonesia dan Malaysia menyadari kalau ada yang tidak menyukai persahabatan antara Indonesia dan Malaysia. Mereka adalah kaum Yahudi Zionis yang ternyata memiliki basis di Singapura seperti pengakuan Anwar Ibrahim dan Mahathir Mohammad yang merupakan kedua tokoh oposisi yang berasal dari negara Malaysia. Seandainya apabila kedua bangsa ini akan digabung dan diunifikasi pasti kedua negara ini akan ditakuti Zionis Israel. Bahkan kalau saya memiliki ide kalau Penggabungan Kedua wilayah negara ini memiliki tujuan untuk menakut-nakuti bangsa Yahudi. Kalau setuju dengan gagasan saya silahkan like atau suka pada komentar saya, ini merupakan pengandaian dan doa serta harapan yang saya ucapkan, harap disebarluaskan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi maksudnya di unifikasi itu jadinya indonesia dan malaysia jadi senegara gitu?

      Hapus
    2. Saya setuju, bahkan saya juga sempat berfikir demikian. Akan tetapi ditambah dengan kepulauan palau dan papua nugini

      Hapus
  6. Emange kui ki sopo, meh gabung2ke negara..

    BalasHapus
  7. Bonus Code: No Deposit Casino Bonuses - Casinoworld
    No bk8 Deposit Bonus Codes for Real Money — The Best No Deposit Casino Bonuses · 1. Wild Casino 온카지노 · 2. Caesars Casino · 3. 메리트카지노 Royal Ace Casino · 4. Super

    BalasHapus